Welcome to Faculty Marine and Fisheries Universitas Nusa Cendana "Towards Prosperous Flobamora Coastal and Islands Community"

Monday, December 5, 2011

Rektor Universitas Haluoleo (Unhalu) Kendari, ketua Forum Rektor Indonesia periode 2012

Rektor Universitas Haluoleo (Unhalu) Kendari, Sulawesi Tenggara, Usman Rianse, terpilih menjadi ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2012. 
Usman Rianse, di Kendari, Minggu (4/12) malam, mengatakan dirinya juga tidak menyangka bisa mendapatkan kepercayaan dari seluruh rektor di Indonesia untuk memimpin paguyuban itu. Usman akan menggantikan ketua periode 2011, yang saat ini menjabat Rektor Universtas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Badia Parizade. "Ini merupakan tantangan dan amanah yang harus saya jalankan sehingga teman-teman rektor tidak merasa salah mempercayai saya memimpin FRI ini," kata Usman. Ia mengatakan, sebagai paguyuban para pakar akademisi, FRI memiliki keguatan moral dan kekuatan sosial politik, sehingga diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap pemerintah dan negara. 

Usman mengatakan, program yang akan dijalankan selama ia menduduki jabatan yang hanya setahun itu, adalah meminimalisir kesenjangan antara perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di timur Indonesia dan di barat Indonesia. "Selama ini, terkesan ada disparitas antara universitas yang ada di Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur, sehingga kecenderungan mahasiswa kuliah di bagian barat Indonesia cukup besar. Untuk itu perlu meminimalisasi kesenjangan itu," ujarnya. "Selain itu, kita akan mengupayakan agar sistim penganggaran perguruan tinggi tidak menggunakan pola negosiasi, karena itu berdampak pada universitas yang tidak memiliki keahlian negosiasi," ujarnya.     

Menurut Usman, dalam kepemimpinannya, ia akan menerapkan ekonomi hijau di seluruh universitas melalui anggota forum, mengupayakan agar universitas memiliki kepedulian besar terhadap lingkungan.

Selamat datang di Blog Fakultas Kelautan dan Perikanan Undana "fakultas yang mampu bersaing secara global dan berkontribusi dalam pengembangan iptek kelautan dan perikanan berbasis kepulauan"